Alumni  Teknik Pertambangan ITB (Tembagapura) Menggelar Program Tambang Mengajar

Alumni Teknik Pertambangan ITB (Tembagapura) Menggelar Program Tambang Mengajar

Ikatan Alumni Teknik Pertambangan Institut Teknologi Bandung (IA TA ITB) yang bekerja di area PT. Freeport Indonesia (PTFI) mengadakan sebuah program edukasi kepada masyarakat di sekitar area kerja perusahaan. Acara yang bertajuk Tambang Mengajar ini digelar pada tanggal 9 Februari 2020 di Sekolah Minggu milik Yayasan Somatua yang berlokasi di kawasan SP2 Timika. Agenda ini merupakan tindak lanjut dari kesepakatan awal yang diprakarsai oleh Eman Widijanto (TA ‘90) dengan pendiri Yayasan Somatua sekaligus pimpinan PT. Mpaigelah Bapak Maximus Tipagau.

” A great educator makes everyone learn, not just those who are at the top of the class.”

Dalam agenda kemarin, tim alumni yang terdiri dari Eman Widijanto, Arief Wijayanto (TA 01), dan Irwin Suharry (TA 01) berkesempatan untuk menyampaikan materi mengenai proses penambangan yang ada di Tambang Terbuka Grasberg. Tim alumni membawa sampel batuan bijih (ore) dan batuan penutup (waste) untuk diperlihatkan secara langsung kepada peserta kelas dengan tujuan agar masyarakat mengetahui jenis-jenis batuan berharga yang ditambang di wilayah kerja perusahaan. Untuk lebih menghidupkan suasana mengajar, kelas yang dihadiri sekitar 20 orang anak-anak dengan usia 2-15 tahun ini juga diisi dengan pemutaran video tentang berbagai aktivitas penambangan, serta tanya-jawab dengan berbagai hadiah yang menarik untuk para siswa.

Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari anak-anak Papua yang hadir di kelas, para orangtua siswa serta pengurus yayasan. Kegiatan Tambang Mengajar di sekitar wilayah penambangan ini akan diperluas ke sekolah sekolah lainnya, termasuk Sekolah Minggu, Pesantren, dan juga Sekolah-Sekolah formal lainnya.

Erat – Kuat – Hebat 

(AW)

 

Leave a Comment