Halo Alumni ITB, Edisi No. 10, Oktober 2017

Halo Alumni ITB, Edisi No. 10, Oktober 2017

Halo Alumni ITB

Jumpa lagi di edisi ke-10 tahun 2017.

Bulan Oktober 2017 terisi penuh oleh berbagai agenda kegiatan, yang sebagiannya kami sampaikan di sini.

Acara besar bulan Oktober adalah pelaksanaaan Wisuda Pertama Tahun Akademik 2017/2018 yang diselenggarakan pada hari Kamis, Jum’at dan Sabtu tanggal 19, 20 dan 21 Oktober 2017. Wisuda kali ini harus menjadi tiga hari karena jumlah wisudawan yang besar yaitu 2.507 wisudawan, dengan rincian S1 sebanyak 1477 orang, S2 sebanyak  979 orang dan S3 sebanyak 51 orang, serta Program Profesi Insinyur sebanyak 3 orang. Dalam upacara wisuda pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017, hadir pula Duta Besar Perancis untuk Indonesia Jean-Charles Berthronnet untuk memberikan sambutan dan mengajak para lulusan Institut Teknologi Bandung untuk belajar di Perancis. Kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan. Anda sekarang telah resmi menjadi alumni Institut Teknologi Bandung. Semoga anda sukses di manapun Anda berkarya.

Acara menarik lainnya adalah BNI-ITB Ultra Marathon yang diselenggarakan oleh alumni FTMD-ITB yang tergabung dalam Yayasan Solidarity Forever bekerja sama dengan BNI Tbk (Bank Negara Indonesia). Ultra Marathon ini menempuh jarak 170 km yang dimulai pada hari Jumat malam,13 Oktober 2017, dengan rute Jakarta-Bogor-Puncak-Cianjur-Cipatat-Padalarang dan berakhir di Kampus ITB Jl. Ganesha No. 10, Bandung. Marathon ini diikuti secara individu maupun kelompok 2 orang, 4 orang, 8 orang, dan 16 orang. Selain lari marathon 170K, panitia bersama PLN juga mengadakan Fun Run 5K pada hari Minggu, 15 Oktober 2017.

PT. Shell Indonesia juga hadir di kampus untuk mengadakan rangkaian kegiatan yang diberi nama Shell Campus Week dengan tema Tantangan Energi Masa Depan. Shell menampilkan Container of Possibilities, yaitu container berukuran 20 kaki yang menjadi gambaran rumah masa depan. Kontainer ini menerapkan prinsip hemat energi dengan ukuran tempat tinggal serba compact, tetapi lengkap karena disertai teknologi mutakhir seperti a new energy economy, energy alert, smart lighting, dan powered by footsteps. Sementara di tenda yang bertempat di Lapangan Cinta, para pengunjung dapat mengenal Shell Indonesia lebih jauh, mulai dari profil hingga bisnis yang ditawarkan.

Selain itu, Country Chairman dan President Director PT Shell Indonesia, Darwin Silalahi, menjadi pembicara dalam kuliah umum (studium generale) bersama Pemerintah Kota Bandung yang diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung, Ahyani Raksanegara dan Ketua Pusat Kebijakan Keenergian ITB, Retno Gumilang Dewi yang sekaligus bertindak sebagai moderator. Kuliah umum tersebut membahas pengelolaan energi masa depan yang bersih dan bebas emisi karbon.

Simposium Nasional Kebangsaan dilaksanakan di Aula Barat pada hari Rabu (25/10/17) oleh Kelompok Keahlian Ilmu Kemanusiaan. Hadir sebagai keynote speaker Simposium kali ini adalah Ketua MPR Republik Indonesia, Dr. (HC) H. Zulkifli Hasan, SE., MM dengan tema “Merajut Kebhinnekaan dalam Kerangka Persatuan : Pancasila sebagai Perekat Bangsa dalam Persemaian Teknologi pada Ruang Budaya”. Pembicara lain adalah Dr. (HC) Ir. KH. Salahuddin Wahid, Prof.Dr.Hariyono,M.Pd, Prof.Dr.Yasraf A. Piliang, dan Dr. Idrus Affandi, S.H.

Tidak ketinggalan, pada tanggal 28 Oktober 2017, Institut Teknologi Bandung melaksanakan Upacara Sumpah Pemuda yang ke-89 di Lapangan Sarana Olah Raga. Dalam rangkaian kegiatan Sumpah Pemuda, Institut Teknologi Bandung bekerja sama dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Republik Indonesia yang diwakili oleh 2 BUMN yaitu PT. WIKA dan PT. Inalum. Kuliah umum bertajuk “BUMN Membangun Ekonomi Berkeadilan” yang merupakan bagian dari kegiatan BUMN Hadir di Kampus pun turut diselenggarakan. Dalam kuliah umum kali ini, turut hadir tiga narasumber utama yang mengisi rangkaian kuliah umum ini adalah Dwina Septiani Wijaya selaku Staf Khusus Menteri BUMN (Alumni Arsitektur ITB), Direktur Utama WIKA, Bintang Perbowo, dan Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin (Alumni Fisika ITB).

Masih dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda Himpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan (HMTM) Patra ITB sukses menggelar Seminar Isu Strategis di Aula Gedung Energi FTTM ITB. Seminar bertajuk “Majukan Peradaban dengan Semangat Juang Anti Korupsi bagi Industri Migas untuk Indonesia yang Lebih Mandiri” ini menghadirkan empat narasumber dari berbagai bidang, yaitu Roro Wide Sulistyowati dan Erlangga Adikusumah dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas) KPK, Aryo P. Wibowo (Dosen Mata Kuliah Pendidikan Anti Korupsi), dan Dr. Ing. Bonar Marbun (Kepala Program Studi Teknik Perminyakan).

Lain halnya dengan Sekolah Bisnis Manajemen (SBM) mereka merayakan Hari Sumpah Pemuda dengan hal yang tidak biasa, yaitu  tim pengajar dari mata kuliah Performance Art mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk membuat suatu proyek yang berdampak terhadap masyarakat serta sustainable. Proyek-proyek itu kemudian dipamerkan pada hari Sumpah Pemuda. Pameran dengan nama Bara Karya ini memuat 107 proyek yang telah direalisasikan mahasiswa SBM 2017 selama satu bulan.

ITB IntegratedCareer Center, yaitu sebuah lembaga di bawah naungan Lembaga Kemahasiswaan (LK) ITB kembali adakan Titian Karir ITB atau Job Fair pada Jum’at – Minggu (27-29 Oktober 2017) di Aula Barat dan Aula Timur ITB. Titian Karir ITB merupakan kegiatan rutin yang diadakan dua kali setahun dengan tujuan memfasilitasi perusahaan mitra ITB dan membantu para pencari kerja, khususnya alumni ITB dalam mendapatkan informasi secara maksimal dan mendapatkan pekerjaan. Tak hanya dapat langsung mendaftarkan diri, pencari kerja juga bisa berkonsultasi dan bertanya-tanya pada perusahaan di booth pameran serta mendengarkan paparan langsung ketika presentasi perusahaan.

Mahasiswa ITB kembali meraih kemenangan di berbagai ajang kejuaraan, antara lain adalah:
– ITB Menjadi Juara Umum Olimpiade Farmasi Indonesia (OFI) Tiga Tahun Berurut-Turut
– Tim Arsitektur ITB Menjuarai Indonesia Landscape Design Competition 2017
– Mahasiswa ITB Sabet Penghargaan Pada Ajang  Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional Festival Of Agroindustry (LKTIN FOA) 2017.
– ITB Berhasil Pertahankan Gelar Juara Umum National Chemical Engineering Symposium (NACES) 2017.
– Mahasiswa ITB Raih Juara pada Ajang Geothermal Future Energy Summit (GFEST) 2017.

Pesawat Lipat karya mahasiswa ITB mendapat liputan media sebagai tampak pada link 12345. Selain itu, Konferensi Games dan Apps Indonesia pun banyak diburu oleh reporter seperti pada link 123, sama halnya dengan kegiatan yang diadakan Shell seperti pada link 12345678.

Kami informasikan pula bahwa Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM (BNI Asset Management) telah dibentuk sebagai wadah bagi masyarakat luas untuk berinsvestasi sekaligus berpartisipasi dalam pengembangan Dana Lestari Institut Teknologi Bandung. Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM merupakan instrumen investasi yang risiku rendah karena sebagian diinvestasikan pada efek atau surat utang negara ataupun korporasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan. Reksa Dana ITB Harmoni BNI-AM tetap daoat dibeli oleh masyarakat umum, termasuk para alumni, yang ingin berinvestasi tetapi tidak bermaksud untuk turut serta dalam pengembangan Dana Lestari ITB.

Jika Anda berminat untuk berinvestasi, silakan menghubungi BNI Asset Managemet di:
Tel/Fax: 021-29969646 / 021-29969647
Email: customerservices@bni-am.co.id / helpdesk@bni-am.co.id

Demikian berita-berita yang kami sampaikan untuk edisi No. 10 kali ini. Semoga Newsletter Halo Alumni ITB dapat membantu para alumni mengenang kembali masa-masa indah selama menjadi mahasiswa. Kami akan berusaha terus berbagi berita tentang ITB melalui mail Newsletter dan media informasi lainnya di masa-masa mendatang.

Sekali lagi, kami ucapkan selamat kepada para alumni yang baru diwisuda pada bulan Oktober 2017.

Akhir kata, semoga melalui newsletter ini, silaturahmi antara almamater dan alumni semakin terjaga.

Bandung, 3 November 2017

Salam
Direktur Humas dan Alumni ITB

Lebih jauh apa saja dalam isu alumni ITB, langsung klik di bawah ini:

Halo Alumni ITB

Leave a Comment