Tiga Anggota Terbaik IATA-ITB Berkompetisi Menjadi Ketum Perhapi

Tiga Anggota Terbaik IATA-ITB Berkompetisi Menjadi Ketum Perhapi

Tiga anggota Ikatan Alumni Tambang Institut Teknologi Bandung (IATA-ITB) dipercaya memperebutkan posisi sebagai Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) periode 2018-2021. Lewat proses pemungutan suara pada Kongres X Perhapi yang berlangsung pada Kamis (1/11/2018) malam di Hotel Pullman Central Park Jakarta, mereka adalah Tino Ardhyanto (TA79), Budi Santoso (TA82) dan Rizal Kasli (TA83)

Rizal Kasli (TA83) yang kini menjabat sebagai Direktur AJB Coal Mining akhirnya mendapatkan kepercayaan dalam pemungutan suara untuk menjadi Ketua Umum PERHAPI periode 2018 -2021. “Mari bangun PERHAPI bersama-sama sebagai lembaga profesional. Kita bergandengan tangan untuk masa depan pertambangan yang lebih baik,” kata Rizal usai pemungutan suara, di Hotel Pullman Central Park, Jakarta.

Pemungutan suara untuk memilih Ketua Umum Perhapi tersebut sempat berlangsung alot sekitar tiga jam, terutama terkait dengan penetapan data pemilih yang berhak memberikan suara dan juga tata tertib pemilihan.

Kongres X Perhapi dilaksanakan beriringan dengan Temu Profesi Tahunan (TPT) ke-27. Direktur Jenderal Mineral dan Batubara (Minerba) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Bambang Gatot Ariyono mewakili Menteri ESDM Ignasius Jonan resmi membuka Kongres Perhapi tersebut pada Rabu (31/10/2018). Dalam rangkaian kegiatan yang mengambil tema “Memperkuat Industri Pertambangan sebagai Tulang Punggung Pembangunan Nasional” tersebut juga digelar seminar nasional serta paparan dan diskusi sejumlah makalah terpilih.

PERHAPI adalah suatu organisasi yang merupakan wadah berhimpunnya para ahli pertambangan di Indonesia, baik akademisi maupun praktisi yang tersebar di berbagai instansi pemerintah, instansi pendidikan dan dunia usaha. Organisasi profesi ini dibentuk dengan memanfaatkan semaksimal mungkin kemampuan-kemampuan individu para ahli pertambangan, baik berupa sumbangan pemikiran maupun partisipasi aktif dalam pengembangan industri pertambangan.

Beberapa alumni Tambang ITB menjadi pelopor berdirinya organisasi ini. Mereka adalah Bapak Made Astawa Rai, Herman Afif Kusumo, Omri Samosir, Irawan Poerwo, Sudarto, Totok Darijanto, A. Latief Baky, Rudi Pesiwarissa, Gatot H.P., Priyo Pribadi Soemarno, Warjono Sumodinoto, dengan didukung oleh Jurusan Tambang ITB tentunya.

Sejak berdiri dari tanggal 21 September 1990, Perhapi sudah menyelenggarakan 10 kali kongres dan memilih Ketua Umum dan kepengurusan dengan masa bakti 3 tahun.

• Periode tahun 1990 – 1991 Ir. Kosim Gandataruna
• Periode tahun 1991 – 1994 Dr. Ir. Made Astawa Rai
• Periode tahun 1994 – 1997 Ir. Herman Afif Kusumo
• Periode tahun 1997 – 2000 Ir. Herman Afif Kusumo
• Periode tahun 2000 – 2003 Ir. A. Latief Baky
• Periode tahun 2003 – 2006 Ir. A. Latief Baky
• Periode tahun 2006 – 2009 Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, DEA
• Periode tahun 2009 – 2012 Prof. Dr. Ir. Irwandy Arif, DEA
• Periode tahun 2012 – 2015 Achmad Ardianto, ST. MBA
• Periode tahun 2015 – 2018 Tino Ardhyanto A.R.
• Periode tahun 2018 – 2021 Rizal Kasli

Selamat kepada Bapak Rizal Kasli (TA83) atas amanah yang diemban untuk memimpin Perhapi 3 tahun kedepan, dan terimakasih kepada Bapak Tino Ardhyanto (TA79) yang dengan luar biasa sudah memimpin Perhapi di periode sebelumnya.

IA TA ITB mengajak semua anggota ikatan alumni Tambang ITB, yang mau aktif dikegiatan profesi menjadi anggota dan aktif di Perhapi. Mari kita jadikan dunia pertambangan lebih baik lagi kedepannya. Demi Tuhan, Indonesia, dan almamater tercinta.

ERAT – KUAT – HEBAT !!!


Recommended Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *